5 Aspek Penting Dalam Membuat Pupuk Organik

1/25/2017
Pupuk Organik - Meski pembuatan pupuk organik tidak membutuhkan banyak biaya serta bahan bakunya tergolong melimpah, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek penting selama proses pembuatan pupuk tersebut agar nantinya bisa berhasil dengan sempurna dan syukur-syukur bisa dijadikan usaha baru yang bernilai ekonomi. Aspek penting dalam pembuatan pupuk organik tersebut meliputi hal sebagai seperti:

Bahan utama/bahan dasar pupuk
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahan utama atau bahan dasar yang dipilih untuk membuat pupuk. Karena bahan dasar yang digunakan untuk membuat pupuk pastinya akan mempengaruhi berapa lama waktu proses yang dibutuhkan dalam pembuatan pupuk tersebut. Misalnya saja saat Anda memilih menggunakan kotoran hewan kemungkinan waktu fermentasi yang dibutuhkan lebih lama jika dibandingkan dengan buah busuk, sisa sayuran atau potongan daun kering.

Komposisi bahan fermentasi
Ketika Anda ingin membuat pupuk organik, perhatikan pula bahan campuran yang akan digunakan pada starter fermentasinya seperti ragi, air, maupun cairan gula. Komposisi bahan campuran  fermentasi yang sesuai akan ikut mempercepat proses pembuatan pupuk sekaligus meningkatkan kandungan senyawa alami dalam pupuk tersebut.

Alat komposter yang memadai
Walaupun sering diabaikan, namun ketika Anda membuat pupuk dari bahan organik sebaiknya dipastikan dulu bahwa alat pemproses pembuatan pupuk atau yang biasa disebut sebagai komposter benar-benar memadai serta tahan terhadap perubahan cuaca dan suhu. Hal tersebut dikarenakan dalam proses pembuatan pupuk organik akan terjadi perubahan perubahan suhu yang disebabkan oleh proses fermentasi bahan dasar menjadi pupuk organik baik padat maupun cair.

Lama waktu pembuatan
Anda perlu memperhatikan lama waktu pembuatan pupuk karena secara tidak langsung hal tersebut akan berhubungan dengan tingkat keberhasilan pembuatan pupuk tersebut. Disamping itu perlu juga diperhatikan bahan dasarnya pupuk tersebut sebagaimana yang telah kami sampaikan pada poin pertama diatas.

Tempat penyimpanan
Setelah Anda berhasil membuat pupuk dengan bahan dasar alami, pastikan Anda menaruh pupuk tersebut di tempat yang baik. Perhatikan juga faktor lingkungan disekeliling lokasi penyimpanannya. Usahakan pupuk hasil produksi Anda tidak terkena sinar matahari langsung maupun terkena air hujan.

Demikianlah informasi mengenai aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan saat berencana membuat pupuk organik. Beberapa poin dari aspek diatas perlu diperhatikan agar produk pupuk organik yang dihasilkan nantinya berkualitas dan baik bagi tanaman. Semoga bermanfaat. (Red. Pupuk Organik: Jan 2017)