Cara Membuat Pestisida Organik dari Buah Maja/Mojo

1/05/2017
Pupuk Organik - Sobat organik. Sudah tahu buah maja/mojo kan? tanaman buah maja ini biasanya tumbuh liar diperkarangan dan banyak yang menganggap bahwa tanaman ini tidak berguna karena buahnya tidak bisa dimakan. Siapa yang menyangka bahwa ternyata buah maja ini ternyata sangat berguna sebagai bahan dasar pembuatan pestisida organik.
Buah Maja
Sebenarnya penggunaan buah maja sebagai pestisida alami bukanlah hal baru. Bahkan nenek moyang kita dahulu sudah lama menggunakannya sebagai bahan pengusir berbagai macam hama seperti kumbang, kepik, ulat grayak, belalang dsb. Namun pada masa kala itu penggunaan buah maja sebagai pestisida sangat sederhana sekali tanpa diproses secara tepat. Petani jaman dulu menggunakan buah mojo sebagai pestisida disaat awal penggarapan tanah sawah sebelum padi ditanam. Mereka mencincang halus buah maja kemudian mereka tabur dilahan sawah yang sudah diairi secara merata. Hal ini agaknya kurang efektif namun cukup membantu mengurangi serangan hama dikala itu. Seiring dengan perkembangan teknologi dan diperkenalkannya pestisida kimia, maka buah maja lambat laun ditinggalkan.

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi tentang cara membuat pestisida organik dari buah maja/mojo. Pembuatan kali ini berbeda dengan cara yang digunakan nenek moyang kita seperti yang sudah kita ceritakan diatas. Kali ini kita akan menggunaka buah maja dengan campuran detergen sebagai bahan pelarut akan lebih efektif dalam mengendalikan hama.

Bahan – Bahan.
  • Buah Maja yang sudah matang (2 buah/ sesuai kebutuhan)
  • Air (2 liter untuk 2 buah buah maja ukuran besar)
  • Detergen (1 bungkus)
Alat Pendukung.
  • Wadah/ Ember
  • Saringan/kain 
  • Lumpang + Penumbuk
  • Pisau/Kapak untuk memececah buah maja
  • Sekop kecil untuk mengambil isi buah maja
  • Sarung tangan plastik + Masker 
Cara Membuat.
  1. Ambil buah maja yang sudah matang kemudian Pecah menjadi 2 bagian menggunakanpisau/kapak.
  2. Ambil isi buah maja dengan menggunakan sekop kecil agar lebih mudah. Perlu diperhatikan bahwa bauh buah maja yang sudah matang sangat menyengat jadi sebaiknya menggunakan sarung tangan plastik dan masker.
  3. Taruh isi buah maja didalam wadah/ember yang telah disediakan kemudian tumbuk sedikit demi sedikit sampai benar-benar halus dan jangan dibuang airnya.
  4. Letakkan di ember kembali hasil tumbukan tadi lalu diremas menggunakan tangan.
  5. Setelah diremas maka tambahkan air bersih kedalam ember. Takaran air untuk buah maja adalah 1 liter untuk 1 buah maja. Jadi bila Anda menggunakan 2 buah maja maka ambilah 2 liter air bersih kedalam ember lalu diaduk sampai merata.
  6. Setelah diaduk rata maka tutuplah ember tersebut hingga rapat. Bisa menggunakan plastik dan diikat bisa juga menggunakan penutup lain yang penting bisa tertutup rapat.
  7. Diamkan hingga +/- 12 jam hingga terjadi fermentasi.
  8. Setelah +/- 12 jam maka buka penutup dan biarkan sejenak hingga udara keluar.
  9. Saring hasil fermentasi buah maja itu menggunakan kain sehingga bisa diperas airnya saja karena air inilah yang akan digunakan sebagai pestisida.
  10. Tambahkan 2-4 sendok makan detergen dan pestisida siap digunakan.
Cara Penggunaan
Cairan Pestisida buah maja ini memiliki aroma bau menyegat dengan rasa pahit sehingga tidak disukai hama. Untuk mengaplikasikannya cukup disemprotkan pada seluruh bagian tanaman baik yang belum diserang maupun yang sudah diserang hama.

Agar hasilnya efektif maka penyemprotan pestisida ini sebaiknya digunakan sejak awal sebelum hama menyerang. Dengan menggunakan pestisida ini maka otomatis kelestarian lingkungan akan terjaga dan tidak tercemar.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Pestisida Organik dari Buah Maja. Terima kasih Anda sudah membaca artikel ini. Semoga bisa bermanfaat. (Red. Pupuk Organik: Jan 2017)

Sumber: perkebunan.litbang.pertanian.go.id