Cara Membuat Pupuk Cair Dari Limbah Rumah Tangga

1/03/2017
Pupuk Organik - Pada topik kali ini admin ingin membagi informasi mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Dari Limbah Rumah Tangga. Seperti yang kita ketahui bahwa sampah atau limbah rumah tangga seringkali menjadi masalah serius apabila tidak ditangani dengan bijak. Bila dibiarkan tanpa ditangani secara benar limbah rumah tangga yang menumpuk dapat menjadi sumber berbagai penyakit berbahaya serta mengganggu keindahan lingkungan.

Isu lingkungan semakin mencuat dari waktu ke waktu. Kerusakan lingkungan membawa dampak buruk bagi manusia sehingga tidak ada salahnya kita mulai mencoba untuk berlaku lebih ramah pada lingkungan. Berbagai cara bisa dilakukan untuk itu termasuk dengan cara lebih bijak dalam mengolah sampah dan menggunakan Pupuk Organik untuk tanaman. Siapa sangka jika pengolahan sampah dan penggunaan pupuk organik saling berhubungan. Ya, daripada membuang sampah rumah tangga, Anda bisa membuat pupuk organik cair dari bahan sampah rumah tangga tersebut.
Sampah Rumah Tangga 
Pembuatan pupuk organik dari limbah rumah tangga kali ini akan kami prioritaskan pada sampah atau limbah organik sehingga sebelumnya harus dipisahkan terlebih dulu antara sampah organik dan sampah anorganik.
Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk membuat pupuk organik cair dengan bahan sampah rumah tangga adalah bahan-bahan pembuat pupuk itu sendiri. Sampah rumah tangga yang bersifat organik menjadi bahan utama pembuatan pupuk cair ini. Anda bisa menggunakan bahan-bahan organik sebagai berikut; Sayuran sisa memasak, Sisa nasi yang sudah basi, kulit telur, sisa ikan yang sudah dibuang, dedaunan, rumput kering dan berbagai bahan lain yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat pupuk organik cair. Setelah bahan-bahan tesebut terkumpul maka sebaiknya dicincang atau dipotong kecil-kecil agar proses pembuatan pupuknya lebih mudah. 

Anda perlu menyiapkan tong/drum plastik bekas cat lengkap dengan tutupnya sebagai wadah pembuatan pupuk. Drum ini harus kita modifikasi menjadi komposter agar proses pembuatan pupuk cair lebih mudah dan efektif. Untuk cara modifikasi drum bekas menjadi komposter sebaiknya mengikuti ilustrasi dibawah ini agar lebih jelas.

Desain Komposter dari Drum Bekas
Satu lagi bahan yang sangat penting agar pembuatan pupuk organik cair bisa berhasil adalah EM4. EM4 adalah bakteri dekomposer yang nantinya berfungsi untuk mengurai bahan-bahan sampah/limbah yang akan kita buat sebagai pupuk organik cair. Anda perlu menyiapkan EM4 ditambahkaan gula sebagai makanan mikroorganisme. Anda cukup mengambil 20 ml larutan EM4 lalu tambahkan 10gr gula pasir dan air sebanyak 1 liter. Diamkan selama 24 jam larutan EM4 tersebut hingga siap diaplikasikan/dicampurkan pada sampah/limbah yang akan digunakan sebagai bahan pupuk.

Campurkan larutan EM4 yang sudah siap kedalam drum Komposter yang sudah diisi sampah/limbah organik. Aduk hingga rata kemudian tutup hingga rapat. Tunggu hingga kira-kira tiga minggu. Jika sampah tak lagi berbau busuk, pembuatan pupuk cair organik sukses dilakukan. Dan pupuk cair bisa diambil dengan cara membuka kran di bagian bawah drum.

Sekian informasi tentang Cara Membuat Pupuk Cair Dari Limbah Rumah Tangga. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih. (Red. Pupuk Organik: Jan 2017)