Manfaat Pupuk Organik Bagi Kesuburuan Tanah

1/24/2017
Pupuk Organik – Aplikasi pupuk organik pada pertanian tentunya memiliki banyak efek positif bagi tanaman jika dibandingkan dengan pupuk kimia. Itulah sebabnya, banyak petani yang saat ini mulai beralih ke penggunaan pupuk berbahan organik. Petani kian sadar bahwa pupuk organik jauh lebih menguntungkan dan murah daripada pemakaian pupuk kimia yang secara ekonomi tidak bisa dibilang murah namun justru menimbulkan dampak negatif nantinya bagi kesuburan tanah mereka.
Tanah subur
Tanah subur kaya unsur hara organik 
Kembali beralih ke pupuk organik merupakan salah satu jalan keluar agar petani bisa mandiri dan tidak tergantung pada pupuk kimia. Tidak hanya murah dan mudah diproduksi karena bahan bakunya melimpah, manfaat pupuk organik ternyata sangat banyak baik bagi petani maupun bagi kelestarian lingkungan. Berikut akan admin informasikan tentang beragam manfaat yang akan didapat bila petani menggunakan pupuk organik.

Meningkatkan kelembaban tanah
Tanah yang telah dikasih pupuk dari bahan organik akan lebih mudah menyerap air. Oleh karena itu, kelembaban tanah akan terjaga dan ketegangan serta tekanan pada struktur tanah akan berkurang.

Berperan membentuk humus 
Bahan pupuk organik ikut berperan mempercepat pembentukan humus didalam tanah. Seperti yang kita ketahui bahwa humus merupakan tanah yang memiliki struktur stabil dan terjaga dari unsur lainnya yang merugikan tanaman. Tanah yang mengandung humus adalah tanah yang sangat baik dan merupakan sumber makanan bagi tanaman diatasnya.

Peningkatan aktivitas biologis dalam tanah
Nutrisi mineral yang ada didalam pupuk dan terserap tanah akan membantu meningkatkan aktivitas mikrorganisme yang ada didalamnya. Semakin banyak unsur organik yang terkandung didalam tanah maka makin banyak mikroorganisme yang aktif didalam tanah. Dengan demikian, proses penguraian mineral dalam bentuk yang lebih sederhana lebih terjamin dan tanaman bisa tumbuh subur.

Sebagai indkator kesuburan tanah
Bisa dikatakan bahwa tanah yang subur merupakan tanah yang memiliki kadar organik minimal 5%. Apabila kadar organik tanah tersebut dibawahnya makan boleh dikatakan tanah tersebut kurang subur. Dan untuk meningkatkan kadar organik didalam tanah yang kurang subur maka diperlukan sumber bahan organik salah satunya berasal dari pupuk organik.

Perbaikan struktur tanah
Beragam komponen mineral yang terkandung dalam pupuk mampu memperbaiki struktur tanah dan membuat pergerakan partikel air maupun udara lebih stabil. Hal inilah yang menjadikan tanaman dengan aplikasi pupuk berbahan organik umumnya tahan lama dan lebih cepat berbuah.

Mencegah erosi
Pada saat tanah hanya terdiri dari komponen gambut dan pasir, tanah tersebut akan mudah mengalami erosi. Dan biasaya tanah yang mengalami erosi akan mengikis semua tanah lapisan atas kaya akan unsur hara untuk kesuburan tanaman. Namun demikian, ancaman erosi bisa diminimalisir apabila lahan atau tanahnya subur dan kaya unsur hara organik karena sering diberi pupuk berbahan organik.

Peningkatan kapasitas tukar kation
Saat diberi pupuk organik, tanah lahan akan mengalami proses tukar kation lebih cepat karena interaksi yang terjadi antar ion juga lebih tinggi.

Demikian informasi dari admin. Semoga bisa memberikan sedikit pencerahan tentang manfaat pemberian pupuk organik untuk kesuburan tanah. (Red. Pupuk Organik: Jan 2017)